Akhir Pelarian Bos Kartel Narkoba Kalimantan Tengah

Salihin alias Saleh, bos Kartel Narkoba asal Kalteng. Foto: Instagram/ @infobnn_ri
Salihin alias Saleh, bos Kartel Narkoba asal Kalteng. Foto: Instagram/ @infobnn_ri

Salihin alias Saleh (39) bos kartel narkoba menggantungkan semua petualangannya pada semak-semak yang ada tak jauh dari kediamannya. Ia berharap, aparat Badan Narkotika Nasional (BNN) tak bisa menemukannya.

Tapi nasib bicara lain, petualangan Saleh berakhir pada 4 September 2024 lalu. Di semak-semak itu, Saleh kena tembak dan menyerah pada BNN.

Dikutip dari situs resmi BNN, Saleh adalah seorang bandar Narkoba, yang sudah diputus bersalah oleh pengadilan. Bahkan, hingga tahap putusan Kasasi MA no: 586.k/pid.sus/2022 tanggal 25 Oktober 2022.

Ia diputus bersalah atas kepemilikan sabu sebanyak 202,8 gram. Saleh divonis 7 tahun penjara, dan denda Rp 1 miliar. Tapi, belum sempat ditangkap, Saleh melarikan diri.

"Dari hasil penelusuran BNN, diketahui Saleh melarikan diri ke Samarinda enam bulan lamanya. Ia berpindah dari hotel satu ke hotel lainnya," tulis BNN dalam keterangan resminya, dikutip Jumat (13/9).

BNN terus memantau Saleh. Pria ini hidupnya tak tenang. Ia pindah dari Banjarmasin, dan menetap di sana sebulan lamanya.

Setelah merasa aman, Saleh kembali ke rumahnya.

"Ia memutuskan untuk kembali ke rumahnya di Jl. Rindang Banua, Gang Ahklak, Kelurahan Pahandut Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah," tulis BNN.

Konferensi Pers BNN usai penangkapan Bos Kartel asal Kalteng. Foto: Dok. BNN
Konferensi Pers BNN usai penangkapan Bos Kartel asal Kalteng. Foto: Dok. BNN

Saleh tak jera. Dari rumahnya, ia terus mengembangkan bisnis narkobanya. Ia punya banyak orang suruhan.

Skemanya begini:

Saleh menerima barang dari bandar yang lebih besar, inisial Koh A. Koh A berada di Semarang. Sabu dikirim dari Semarang melalui Banjarmasin lewat darat, dan diterima anak buah Saleh berinisial AA.

AA kini masih diburu oleh BNN. Barang pun dibagi jadi beberapa paket kecil, lalu dijual lewat loket penjualan narkotika, yang ada di belakang rumah Saleh.

Uang penjualan dikumpulkan ke tersangka lain, yakni E. Uang itu disetor lagi ke anak buah Saleh yang lain, inisial US yang kini masih buron.

US sendiri akan menyetorkan uang tersebut ke bandar utamanya, yakni Koh A.

BNN Sita Ratusan Juta di Rumah Saleh

Saat menggeledah rumah Saleh di Palangka Raya, BNN menemukan uang sebesar Rp 902.538.000,00 dari tangan E. Petugas juga menangkap E.

BNN tak menyerah, mereka mengorek informasi dan menemukan bahwa Saleh pindah tempat persembunyian, di Gang Sayur, Kecamatan Pahandut, Kota Palangka Raya.

Di tempat inilah petualangan Saleh berakhir. Saleh berupaya berlari, saat petugas BNN mengepung lokasinya. Ia sembunyi di semak-semak, tapi tembakan BNN membuatnya menyerah.

"Petugas mengamankan terduga lain berinisial M alias U yang ikut bersembunyi bersama Saleh. Diketahui M alias U bertugas sebagai penjaga rumah tempat Saleh bersembunyi selama ini," tulis BNN.

Comments

Popular posts from this blog

Buah yang Bagus untuk MPASI Bayi 6 Bulan

5 Berita Populer: Aisyah Aqilah Rindu Jeff Smith, Mertua Mona Ratuliu Meninggal

Kabar Terbaru KRI Nanggala