Contoh Jurnal Modul 1 PPG Daljab 2025 yang Sederhana

Guru peserta PPG Dalam Jabatan, atau Daljab, diwajibkan menyusun jurnal pembelajaran sebagai bagian dari penilaian. Contoh jurnal modul 1 PPG Daljab 2025 dapat menjadi referensi untuk mempermudah proses penulisan secara sistematis.
Jurnal Modul 1 ini biasanya dikumpulkan setelah peserta menyelesaikan latihan pemahaman, refleksi, dan post test. Platform pengunggahan yang digunakan adalah Ruang Guru dan Tenaga Kependidikan.
Melalui Profesi Keguruan, Teguh Prasetyo, M.Pd (2018:121) menjelaskan PPG menyiapkan guru yang menguasai bidang studi yang dipelajari. Program ini juga menyiapkan calon pendidik untuk memiliki kompetensi sesuai dengan standar guru.
Contoh Jurnal Modul 1 PPG Daljab 2025 untuk Jurusan PGSD

Contoh jurnal Modul 1 PPG Daljab 2025 menekankan pentingnya peran guru dalam merancang pembelajaran yang efektif dan berpusat pada siswa. Guru diperkenalkan pada pembelajaran seperti Understanding by Design (UbD), dengan jurnal modul seperti berikut:
JURNAL PEMBELAJARAN MODUL 1
PEMBELAJARAN MENDALAM DAN ASESMEN
"Desain Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Understanding by Design (UbD)"
A. Latar Belakang
Kurikulum Merdeka menekankan pada pembelajaran mendalam yang mengembangkan pemahaman bermakna. Untuk itu, UbD dipilih karena fokusnya pada capaian akhir yang terukur dan sistematis.
B. Konsep Pembelajaran dengan Prinsip UbD
1. Pengertian
UbD adalah kerangka perencanaan kurikulum berbasis pemahaman dan transfer antar konteks.
2. Tujuan
UbD memastikan peserta didik memahami konsep dan dapat mengaplikasikannya secara nyata.
Asesmen yang dibuat akan disesuaikan untuk mengukur penguasaan kompetensi dan keterkaitan tujuan pembelajaran.
3. Langkah-langkah
a. Menentukan tujuan pembelajaran dengan memperhatikan CP dan ATP yang relevan.
b. Menentukan asesmen awal dan akhir yang selaras dengan indikator dan aktivitas belajar.
c. Merancang kegiatan inti yang mendukung proses berpikir tingkat tinggi peserta didik.
C. Penerapan pada Pembelajaran IPAS
1. Tujuan Pembelajaran
a. Mendeskripsikan pengaruh energi cahaya terhadap benda-benda di sekitar.
b. Membuktikan dan menjelaskan empat sifat cahaya secara terstruktur.
2. Asesmen
Awal: Tanya jawab dan kuis singkat untuk mengukur pemahaman awal peserta didik.
Akhir: Pembuatan produk sederhana dan demonstrasi hasil belajar di kelas.
3. Kegiatan Pembelajaran
a. Pembelajaran diawali dengan pendahuluan, dengan mengajak siswa membuat produk berdasarkan prediksi awal mereka.
b. Aktivitas di kelas dilanjutkan dengan kegiatan inti, berupa diskusi materi dan pengerjaan LKPD untuk mengeksplorasi sifat-sifat cahaya.
c. Kegiatan belajar ditutup dengan menyimpulkan hasil belajar secara bersama-sama oleh guru dan siswa.
4. Kesimpulan Penerapan
Pendekatan UbD efektif membentuk pembelajaran aktif, terstruktur, dan berorientasi hasil belajar.
D. Refleksi
1. Refleksi Diri
Pembelajaran berjalan lancar, meski perlu meningkatkan manajemen waktu dan instruksi LKPD.
2. Umpan Balik Sejawat
Struktur jurnal dinilai sinkron, mulai dari tujuan, asesmen, hingga aktivitas belajar.
3. Dokumentasi
Foto kegiatan sebagai bukti proses dari pembelajaran yang dirancang berdasarkan UbD.
Baca juga: 3 Peran Guru dalam Sistem Among yang Diterapkan di Perguruan Taman Siswa
Contoh jurnal modul 1 PPG Daljab 2025 ini dapat digunakan sebagai rujukan dalam menyusun jurnal. Dengan mengikuti prinsip UbD, proses pembelajaran yang dirancang oleh guru menjadi lebih bermakna, terencana, dan berdampak. (HAN)
Comments
Post a Comment