Heru Bagi-Bagi KTP untuk Penghuni Rutan Pondok Bambu

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono melakukan peninjauan ke Rutan Pondok Bambu, Jakarta Timur, Senin (27/2). Foto: Haya Syahira/kumparan
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono melakukan peninjauan ke Rutan Pondok Bambu, Jakarta Timur, Senin (27/2). Foto: Haya Syahira/kumparan

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengunjungi warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas II A Pondok Bambu, Jakarta Timur, Senin (27/2).

Kunjungan ini sekaligus untuk meninjau progres pendataan para warga binaan agar bisa mendapatkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) baru.

“Jadi sama-sama untuk bisa memberikan semangat dan tentunya melihat hak-hak warga apakah itu sudah dijalankan, apakah itu sudah pemberian KTP,” kata Heru saat ditemui di Jakarta Timur, Senin (27/2).

Para warga binaan ini melakukan pemadanan data dengan cek biometrik menggunakan iris mata. Sehingga hal itu akan membantu warga binaan yang lupa NIK, mereka tetap bisa memiliki KTP baru dengan memadankan data yang tercatat di Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) pusat.

Tentunya, pemadanan data ini akan mempermudah pemerintah untuk mendata para calon pemilih sebelum pemilu serempak 2024 nanti.

“Sebenernya tidak menjelang pemilu tapi hak-hak warga warga negara harus memiliki KTP jadi kita memastikan ke sini apakah hak masyarakat itu (memiliki KTP) sudah terpenuhi,” tuturnya.

Heru pun sempat menyerahkan KTP kepada 3 warga binaan yang telah menghabiskan masa hukumannya secara simbolis.

Dihubungi terpisah, Kadisdukcapil Budi Awaluddin menyebut, telah ada 17 ribu warga binaan dari 7 lapas di Jakarta termasuk Pondok Bambu yang datanya sudah dipadankan.

“Seluruh lapas nya itu ada 17 ribu (warga binaan ya, kita padankan terus kita cek biometrik nya, semuanya seperti itu,” kata Budi dihubungi terpisah, Senin (27/2).

Budi menjelaskan, 17 ribu warga binaan ini tidak seluruhnya penduduk DKI Jakarta. Beberapa di antara mereka adalah warga binaan dari daerah lain yang menjalani hukuman di wilayah administrasi DKI Jakarta.

Comments

Popular posts from this blog

Kabar Terbaru KRI Nanggala

5 Berita Populer: Aisyah Aqilah Rindu Jeff Smith, Mertua Mona Ratuliu Meninggal

Sapi Limosin Bernama Posh Spice Ini Laku Rp 5,1 M: Termahal se-Dunia