Populer: Kemenkeu soal Transaksi Gelap; RI Rugi Rp 3,7 T karena Pildun Batal

Sejumlah merchandise resmi untuk turnamen sepak bola merchandise Piala Dunia Sepak Bola FIFA U-20 di sebuah toko di Jakarta, pada Kamis (30/3/2023). Foto: Adek Berry/AFP
Sejumlah merchandise resmi untuk turnamen sepak bola merchandise Piala Dunia Sepak Bola FIFA U-20 di sebuah toko di Jakarta, pada Kamis (30/3/2023). Foto: Adek Berry/AFP

Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara menjelaskan data yang digunakan Menkopolhukam Mahfud MD soal transaksi mencurigakan pegawai Kementerian Keuangan (Kemenkeu) senilai Rp 35 triliun. Kabar ini menjadi berita populer sepanjang Jumat (31/3).

Berita yang ramai dibaca publik lainnya adalah kerugian ekonomi akibat pembatalan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 Berikut rangkuman berita populer di kumparanBisnis:

Wamenkeu soal Transaksi Gelap PNS Kemenkeu Rp 35 Triliun

Konferensi pers Kementerian Keuangan soal transaksi janggal temuan PPATK di Kantor Kemenkeu, Jumat (31/3/2023). Foto: Akbar Maulana/kumparan
Konferensi pers Kementerian Keuangan soal transaksi janggal temuan PPATK di Kantor Kemenkeu, Jumat (31/3/2023). Foto: Akbar Maulana/kumparan

Suahasil mengatakan, ada dua klasifikasi surat PPATK terkait transaksi keuangan mencurigakan pegawai Kemenkeu. Pertama, surat dikirimkan ke Kemenkeu sejumlah 135 surat, yang melibatkan 363 ASN/PNS Kemenkeu dengan nilai Rp 22,04 triliun.

Kedua, surat dikirimkan ke aparat penegak hukum (APH) sebanyak 64 surat, yang melibatkan 103 PNS Kemenkeu, dengan nilai Rp 13,07 triliun.

"Nomor satu Rp 35 triliun, di Kemenkeu bilang Rp 22 triliun. Kenapa ada perbedaan? Karena kita melihat tabel pie chart tadi Kemenkeu tidak menerima surat yang dikirimkan kepada APH. Oleh karena itu, surat yang dikirim ke APH kita kelompokkan ke oranye,” kata Suahasil saat media briefing di Kantor Kemenkeu, Jakarta, Jumat (31/3).

“Kalau nomor satu sekarang kita pecah mana yang benar-benar dikirim ke Kemenkeu dan APH, jadinya tabel kanan, dipecah dua. Surat dikirim ke Kemenkeu dapatnya Rp 22 triliun, surat dikirim ke APH dapatnya Rp 15 triliun, kalau dijumlah Rp 35 triliun," sambungnya.

RI Rugi Rp 3,7 Triliun karena Piala Dunia Batal

Kerugian ekonomi akibat pembatalan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 pada 2023 sekitar Rp 3,7 triliun diungkapkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. Dia merinci sumber kerugian mulai dari biaya renovasi sejumlah stadion oleh Kementerian PUPR serta Kemenpora, serta dari potensi pendapatan lain yang gagal diraih.

"Renovasi stadion itu saja sudah Rp 500-an miliar. Sementara target pendapatan berbasis jumlah penonton yang sekitar 2 juta dalam pertandingan-pertandingan yang sudah disusun di enam kota itu, total lebih dari 2 juta penonton sampai 2,3 juta penonton. Jadi minimal dampak (kerugian)-nya itu mencapai Rp 3,7 triliun," tutur Sandiaga Uno usai peresmian KEK Lido City, di Bogor, Jawa Barat, Jumat (31/3).

Sandiaga menyebutkan, jumlah suporter hingga wisatawan mancanegara yang diperkirakan datang ke Indonesia sudah lebih dari 50 ribu pengunjung.

Sementara itu, jumlah penonton untuk setiap pertandingan di enam kota totalnya mencapai 2 juta sampai 2,3 juta orang, sehingga kerugian secara keseluruhan ditaksir minimal mencapai Rp 3,7 triliun.

Comments

Popular posts from this blog

Kabar Terbaru KRI Nanggala

5 Berita Populer: Aisyah Aqilah Rindu Jeff Smith, Mertua Mona Ratuliu Meninggal

Sapi Limosin Bernama Posh Spice Ini Laku Rp 5,1 M: Termahal se-Dunia