Irjen Kementan RI Gelar Dialog Jaga Pangan di Gorontalo

Penjabat Gubernur Ismail Pakaya foto bersama Irjen Kementerian Pertanian Jan S. Maringka usai pembukaan Dialog Jaga Pangan yang berlangsung di Hotel Aston, Selasa (27/6/). Foto: Dok istimewa.
Penjabat Gubernur Ismail Pakaya foto bersama Irjen Kementerian Pertanian Jan S. Maringka usai pembukaan Dialog Jaga Pangan yang berlangsung di Hotel Aston, Selasa (27/6/). Foto: Dok istimewa.

Kota Gorontalo-Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian (Itjen Kementan) menggelar dialog Jaga Pangan di Provinsi Gorontalo, Selasa (27/6/). Kegiatan yang berlangsung di Hotel Aston Kota Gorontalo itu dibuka oleh Penjabat Gubernur Ismail Pakaya.

Dialog tersebut dihadiri langsung Inspektur Jenderal Kementan Jan S. Maringka, Wakil Ketua Kejaksaan Tinggi Gorontalo, perwakilan Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Gorontalo, para anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Gorontalo, para Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan se-Provinsi Gorontalo dan Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) perwakilan Gorontalo.

Dialog jaga pangan ini bertujuan meningkatkan sinergi Kementerian Pertanian dengan pemerintah daerah untuk menjaga ketersediaan, keamanan dan stabilitas pangan.

Dalam sambutannya Penjagub Ismail menyambut baik dialog jaga pangan yang digagas Itjen Kementan tersebut. Ia mengharapkan melalui kegiatan tersebut Itjen selaku Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) dapat memberikan solusi dalam menjaga ketahanan pangan di Gorontalo.

“Kita berharap dengan kedatangan pak Irjen dengan seluruh jajaran dan juga stakeholder terkait ada BPKP, dari kejaksaan, dinas pertanian sampai APDESI. kita akan lebih menggali apa yang harus kita lakukan dalam rangka menjaga ketahanan pangan baik ditingkat desa, kecamatan, sampai tingkat provinsi,” kata Ismail.

Sementara itu, Irjen Kementan Jan S. Maringka dalam kesempatan itu mengatakan kegiatan ini dinilai penting untuk memperkuat program ‘Jaga Pangan’ sebagai bentuk pengawalan kebijakan pengawasan Kementerian Pertanian.

“Keberhasilan membangun pertanian tidak bisa dikerjakan sendiri, namun harus melibatkan berbagai pihak termasuk jajaran pemerintah daerah, sehingga tujuan pembangunan yang tepat waktu, tepat mutu dan tepat sasaran bisa tercapai,” ucap Jan Maringka.

Lebih lanjut Jan mengajak Pemda Gorontalo memperkuat pembangunan sektor pertanian. Potensi pertanian Gorontalo sangat besar dengan mayoritas hasil produksinya jagung.

“Kita harus kembalikan Gorontalo sebagai lumbung jagung nasional dan ini bisa terjadi kalau duduk bersama. Saya berharap duduk bersama hari ini bisa menghasilkan sesuatu yang berbeda,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu Irjen Kementan menyerahkan bantuan pertanian kepada Pemerintah Provinsi Gorontalo sejumlah Rp18,3 miliar rupiah. Dan hewan kurban.

Comments

Popular posts from this blog

Kabar Terbaru KRI Nanggala

5 Berita Populer: Aisyah Aqilah Rindu Jeff Smith, Mertua Mona Ratuliu Meninggal

Sapi Limosin Bernama Posh Spice Ini Laku Rp 5,1 M: Termahal se-Dunia