38 DPD Golkar Harap Airlangga Terus Bersama Jokowi, Termasuk Hadapi Pilpres 2024

Presiden Jokowi (tengah) didampingi Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kedua kanan) menghadiri acara puncak HUT ke-58 Partai Golkar di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (21/10/2022). Foto: Hafidz Mubarak A/ANTARA FOTO
Presiden Jokowi (tengah) didampingi Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kedua kanan) menghadiri acara puncak HUT ke-58 Partai Golkar di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (21/10/2022). Foto: Hafidz Mubarak A/ANTARA FOTO

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar se-Indonesia berharap Ketum Golkar Airlangga Hartarto tetap berada di gerbong Presiden Jokowi hingga akhir masa jabatan termasuk dalam menyambut agenda Pilpres 2024. Sebab, Golkar sejak awal merupakan bagian dari koalisi pemerintah.

"Kami menegaskan bahwa Partai Golkar ini adalah bagian dari koalisi pemerintahan Pak Jokowi. Oleh karena itu, kami selalu mendorong penuh agar Pak Airlangga tetap dari awal sampai akhir bersama-sama dan satu bersama Pak Jokowi, juga termasuk menghadapi agenda Pilpres," kata Plt ketua DPD Golkar Papua Ahmad Doli Kurnia Tanjung di Hotel Mulia, Kabupaten Badung, Bali, Minggu (30/7).

Doli menyampaikan hal tersebut mewakili Ketua DPD Partai Golkar se-Indonesia dalam konferensi pers bersama. Pernyataan itu disampaikan usai 38 Ketua DPD menegaskan dukungan penuh terhadap kepemimpinan Airlangga di Partai Golkar.

Ketua DPP Golkar se-Indonesia bertemu Airlangga di Bali sepakat tolak Munaslub. Foto: Denita BR Matondang/kumparan
Ketua DPP Golkar se-Indonesia bertemu Airlangga di Bali sepakat tolak Munaslub. Foto: Denita BR Matondang/kumparan

Doli mengatakan, para Ketua DPD berharap Airlangga bisa terus membangun komunikasi yang intensif untuk menghadapi agenda-agenda ke depan bersama Jokowi. "Agenda pemerintah dan agenda pemilu bersama Pak Jokowi," ucapnya.

Meski demikian, soal urusan calon presiden atau calon wakil presiden, diserahkan seluruhnya kepada Airlangga. Hal tersebut sebagaimana yang telah diputuskan dalam Musyawarah Nasional, Rapat Pimpinan Nasional, dan Rapat Kerja Nasional Partai Golkar.

"Kami sudah menyerahkan seluruhnya mandat kepada ketum untuk menentukan siapa capres atau cawapresnya kemudian proses bernegosiasi, strategi dan momentum yang tepat," kata Doli.

Kami sudah melihat bahwa selama ini ketum kami cukup aktif untuk berkomunikasi dengan semua pimpinan ketum parpol.-Plt ketua DPD Golkar Papua Ahmad Doli Kurnia Tanjung.

Seragam Loreng

Doli kembali menegaskan, di tengah munculnya isu desakan Munaslub Golkar untuk menggantikan posisi Airlangga, para Ketua DPD menolaknya. 38 Ketua DPD, kata Doli, menyatakan berada di bawah satu komando Airlangga.

"Kami ingin menegaskan kalau ada yang mengatakan isu Munaslub itu diusulkan oleh 2/3, kami nyatakan 100 persen kami di sini menolak Munaslub," ucap Doli.

Dalam pertemuan dengan Airlangga tersebut, 38 Ketua DPD Partai Golkar Tingkat Provinsi juga menggunakan seragam loreng. Apa artinya?

"Kami ini pakai seragam sama. Ini seragam baru kami, pakai loreng-loreng ini menunjukkan kami siap tempur di lapangan. Kami solid, kami solid, kami lanjutkan kehadiran kami di tengah masyarakat untuk memperjuangkan aspirasi dan harapan masyarakat Indonesia, dan kami berharap bisa bersama Golkar memenangi pemilu 2024," kata dia.

Airlangga sendiri tampak kerap berkomunikasi dengan pimpinan partai politik lain. Salah satunya dengan Ketua DPP PDI Puan Maharani. Bahkan, dalam pertemuan teranyar keduanya, Airlangga memberikan bunga mawar berwarna merah dan kuning yang disebutnya sebagai 'bunga politik.'

Presiden Joko Widodo bersama Menhan Prabowo Subianto dan Menteri BUMN Erick Thohir menaiki mobil buatan Pindad, Senin (24/7/2023). Foto: Instagram/@erickthohir
Presiden Joko Widodo bersama Menhan Prabowo Subianto dan Menteri BUMN Erick Thohir menaiki mobil buatan Pindad, Senin (24/7/2023). Foto: Instagram/@erickthohir

Soal Capres, Jokowi Disebut Sudah Tentukan Satu Nama

Beberapa waktu lalu, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming, mengatakan Presiden Jokowi yang juga merupakan ayahnya sudah punya pilihan satu nama untuk Pilpres 2024. Hal tersebut disampaikan Gibran saat dijumpai di acara relawan Jokowi di Jakarta Pusat pada Kamis (27/7).

"Sudah," kata Gibran kepada wartawan.

Menurut sejumlah lembaga survei, dukungan Jokowi dibutuhkan capres di 2024. Jokowi pun beberapa kali menunjukkan sinyal dukungan kepada dua orang calon, yakni Capres dari PDIP Ganjar Pranowo dan Capres dari Gerindra Prabowo Subianto.

Kepada Prabowo, Jokowi memberikan sinyal dengan sering mengajak Menhan itu bertemu di Istana hingga Jokowi naik mobil jip pertama buatan RI 'Maung' yang disetiri Prabowo.

Dalam kesempatan itu, Prabowo duduk di depan bersama Menteri BUMN Erick Thohir. Sementara Jokowi duduk di belakang dengan Ibu Negara Iriana.

Untuk Ganjar, Jokowi memberikan baju relawan kepada Ganjar dengan warna hitam putih garis-garis. Selain itu, Jokowi juga membentuk tim 7 untuk membantu pemenangan Ganjar.

Comments

Popular posts from this blog

Kabar Terbaru KRI Nanggala

5 Berita Populer: Aisyah Aqilah Rindu Jeff Smith, Mertua Mona Ratuliu Meninggal

Sapi Limosin Bernama Posh Spice Ini Laku Rp 5,1 M: Termahal se-Dunia