Takut Ada Rabies, Warga Semarang Tangkap Kucing Liar yang Diduga Sakit

Petugas Pemadam Kota Semarang mengevakuasi kucing liar yang diduga sakit di Sampangan, Gajahmungkur, Kota Semarang, Sabtu (29/7/2023). Foto: Intan Alliva Khansa/kumparan
Petugas Pemadam Kota Semarang mengevakuasi kucing liar yang diduga sakit di Sampangan, Gajahmungkur, Kota Semarang, Sabtu (29/7/2023). Foto: Intan Alliva Khansa/kumparan

Warga Gajahmungkur, Kota Semarang, menangkap tiga ekor kucing yang diduga sedang sakit. Mereka khawatir kucing-kucing itu terkena rabies karena terus mengeluarkan air liur dan terlihat sakit.

"Kebetulan yang tertangkap ada 3 kucing yang kelihatan indikasi rabies ada satu," kata Ketua RT setempat, Gunawan, di lokasi, Sabtu (29/7).

Selain khawatir ada rabies, Gunawan menyebut warga sekitar juga resah karena ada terlalu banyak kucing liar yang ada di wilayah mereka. Kucing-kucing itu kerap berperilaku agresif dan meninggalkan kotorannya di rumah-rumah warga.

"Cirinya itu mulutnya berliur cukup banyak, ketika kita jebak supaya bisa ditangani agak agresif melawan. Warga laporan ke damkar agar ditangani kami berharap damkar mengatasi. Kita nggak tahu harus ke siapa, nggak ada yang berani mendekat kucing berpenyakit ini," jelas dia.

Sementara itu, Kasi Penyelamatan Pemadam Kebakaran Kota Semarang Listyono menambahkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Pertanian Kota Semarang terkait laporan dari warga.

"Kita dari petugas menindak lanjuti apa yang menjadi keluhan masyarakat. Masalah itu berpenyakit atau endak bukan kewenangan kita untuk menyatakan. Sudah koordinasi dengan dinas terkait yaitu dinas pertanian. Ini kucing kita bawa ke kantor, dinas pertanian sudah di kantor. Nanti yang bisa menentukan sehat tidak Dinas Pertanian," kata Listyono.

Comments

Popular posts from this blog

Kabar Terbaru KRI Nanggala

5 Berita Populer: Aisyah Aqilah Rindu Jeff Smith, Mertua Mona Ratuliu Meninggal

Sapi Limosin Bernama Posh Spice Ini Laku Rp 5,1 M: Termahal se-Dunia