Kebakaran di Gunung Lawu Hanguskan Lahan 9 Hektare, Api Belum Padam

Kebakaran di Gunung Lawu, Jawa Tengah, Rabu (30/8). Foto: Dok. Istimewa
Kebakaran di Gunung Lawu, Jawa Tengah, Rabu (30/8). Foto: Dok. Istimewa

Kebakaran hutan terjadi di Gunung Lawu tepatnya di Petak 42 RPH Tlogo Dringo, BKPH Lawu Utara, KPH Surakarta, Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Rabu (30/8). Kebakaran terjadi sejak pukul 15.00 WIB dan sudah menghanguskan lahan seluas 9 hektare.

"Kebakaran hutan atau lahan ini berada di Petak 42 RPH Tlogodringo Lawu Utara KPH Surakarta, Dusun Gondosuli," kata Kapolsek Tawangmangu, AKP Sutarno, Rabu (30/8).

Dikatakannya, petugas gabungan bersama relawan sudah mendatangi lokasi kebakaran untuk memadamkan api secara manual. Selain itu juga membuat penyekatan titik api agar kebakaran tidak meluas.

Namun, proses pemadaman terpaksa dihentikan sementara sekitar pukul 22.00 WIB karena terkendala medan yang terjal dan angin yang cukup kencang. Kondisi ini membuat api sulit dipadamkan.

"Situasi kondisi hutannya juga sangat gelap dan curam. Angin sangat kencang kita hentikan sementara pemadaman api," katanya.

Mengenai penyebab kebakaran, kata dia, belum bisa disimpulkan, apakah karena dampak musim kemarau atau faktor lain. Pihaknya masih menyelidiki.

"Kami belum bisa pastikan penyebab kebakaran. Total luas kebakaran saat ini 9 hektare," ucap dia.

Ia mengatakan untuk saat ini terhadap kebakaran tersebut masih dilakukan pemantauan. Pemadaman baru bisa dilanjutkan besok pagi.

"Total ada seratus personel gabungan TNI, Polri, Perhutani dan relawan Tawangmangu, melaksanakan pemadaman api. Kami berharap api segera padam," pungkasnya.

Comments

Popular posts from this blog

Kabar Terbaru KRI Nanggala

5 Berita Populer: Aisyah Aqilah Rindu Jeff Smith, Mertua Mona Ratuliu Meninggal

Sapi Limosin Bernama Posh Spice Ini Laku Rp 5,1 M: Termahal se-Dunia