AS Dorong Arab Saudi Normalisasi Hubungan dengan Israel

Presiden Amerika Serikat Joe Biden melakukan pertemuan dengan Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman di Jeddah, Arab Saudi. Foto: Mandel Ngan/Pool via REUTERS
Presiden Amerika Serikat Joe Biden melakukan pertemuan dengan Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman di Jeddah, Arab Saudi. Foto: Mandel Ngan/Pool via REUTERS

Amerika Serikat mendorong percepatan normalisasi hubungan antara Arab Saudi dengan Israel.

Dilansir AFP, baru-baru ini Presiden AS Joe Biden berkunjung ke Arab Saudi. Di sana dia banyak membahas kerja sama antara AS-Arab Saudi, di kesempatan itu juga Biden mendorong agar Arab Saudi dan Israel menjalin hubungan baik.

"Saya pikir semua pihak telah sepakat, kerangka dasar untuk apa yang mungkin bisa kita dorong," demikian pernyataan Juru Bicara Dewan Keamanan Nasional John Kirby.

"Dalam kondisi apa pun, karena hal ini pasti akan terjadi semua orang harus melakukan sesuatu dan semua orang harus berkompromi dalam beberapa hal," sambungnya.

Usaha AS dalam mendorong normalisasi kedua negara itu sudah berlangsung lama.

Negara Timur Tengah yang juga melakukan normalisasi seperti Uni Emirat Arab, Bahrain, dan Maroko beberapa tahun terakhir melalui Perjanjian Abraham (Abraham Accord).

Ada kesepakatan Putra Mahkota sekaligus pemimpin de-facto Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman (MBS). Normalisasi ini juga atas kepentingan terhadap kerja sama keamanan mereka.

Comments

Popular posts from this blog

Kabar Terbaru KRI Nanggala

5 Berita Populer: Aisyah Aqilah Rindu Jeff Smith, Mertua Mona Ratuliu Meninggal

Sapi Limosin Bernama Posh Spice Ini Laku Rp 5,1 M: Termahal se-Dunia