Putin Klaim Warga Ukraina di 4 Wilayah Ingin Bergabung dengan Rusia

Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan pidato tahunannya kepada Majelis Federal di Moskow, Rusia, Rabu (21/2/2023). Foto: Sputnik/Pavel Bednyakov/Kremlin via REUTERS
Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan pidato tahunannya kepada Majelis Federal di Moskow, Rusia, Rabu (21/2/2023). Foto: Sputnik/Pavel Bednyakov/Kremlin via REUTERS

Presiden Rusia Vladimir Putin mengeluarkan pernyataan yang membuat panas pemerintah Ukraina. Putin mengeklaim warga di 4 wilayah yang mereka duduki ingin bergabung dengan Rusia.

Dilansir Reuters, pernyataan Putin itu dibuat dalam video yang dirilis Sabtu (30/9). Keempat daerah itu merupakan hasil referendum yang diinvasi Rusia.

"Sama seperti hasil referendum bersejarah tahun lalu, masyarakat kembali menyatakan dan menegaskan keinginannya untuk bersama Rusia," demikian pernyataan Putin.

Keempat wilayah tersebut yakni Donetsk, Luhansk, Kherson, dan Zaporizhzhia.

Putin juga menyebut invasi yang mereka lakukan untuk menyelamatkan warga Ukraina dari kekuasaan Kyiv.

Dalam agenda terbaru, Vladimir Putin bertemu dengan mantan tangan kanan komandan Wagner Group Evgeny Prigozhin, Andrey Troshev. Ada misi khusus yang diberikan di Ukraina.

Pertemuan itu terjadi di Kremlin. Turut hadir Wakil Menteri Pertahanan Yunus-Bek Yevkurov.

Putin meminta Troshev untuk membentuk satuan sukarela yang dapat melakukan beberapa tugas tempur di zona operasi.

"Anda sendiri pernah bertempur dalam satuan seperti itu selama lebih dari setahun. Anda tahu itu, bagaimana hal itu dilakukan, anda tahu mengenai masalah yang harus diselesaikan terlebih dahulu agar pekerjaan tempur berjalan dengan baik dan sukses," kata Putin dikutip dari Reuters, Sabtu (30/9).

Comments

Popular posts from this blog

Kabar Terbaru KRI Nanggala

5 Berita Populer: Aisyah Aqilah Rindu Jeff Smith, Mertua Mona Ratuliu Meninggal

Sapi Limosin Bernama Posh Spice Ini Laku Rp 5,1 M: Termahal se-Dunia