Contoh Soal ANBK Kelas 5 2023 dan Kunci Jawaban untuk Materi Numerasi

Ilustrasi contoh soal ANBK kelas 5 dan kunci jawaban numerasi, sumber foto: unsplash.com/Annie Spratt
Ilustrasi contoh soal ANBK kelas 5 dan kunci jawaban numerasi, sumber foto: unsplash.com/Annie Spratt

ANBK merupakan singkatan dari Asesmen Nasional Berbasis Komputer, di mana ini merupakan bentuk evaluasi terhadap pemahaman dari siswa. Untuk persiapannya, siswa bisa mengerjakan beberapa contoh soal ANBK kelas 5 dan kunci jawaban numerasi.

Mengerjakan soal merupakan bentuk belajar yang efektif dibandingkan dengan metode lainnya. Karena dengan mengerjakan soal, siswa dapat langsung menerapkan pemahamannya pada soal.

Contoh Soal ANBK Kelas 5 2023 dan Kunci Jawaban Numerasi

Ilustrasi contoh soal ANBK kelas 5 dan kunci jawaban numerasi, sumber foto: unsplash.com/Annie Spratt
Ilustrasi contoh soal ANBK kelas 5 dan kunci jawaban numerasi, sumber foto: unsplash.com/Annie Spratt

Dikutip dari laman resmi Kemdikbud (https://ift.tt/beCvM17) pada ANBK ada dua materi utama yang akan diujikan untuk melihat sejauh mana penguasaan siswa pada materi yang sudah disampaikan.

Materi pertama adalah materi literasi, kemudian ada juga numerasi. Khusus untuk numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia.

Berikut ini adalah beberapa contoh soal ANBK kelas 5 2023 dan kunci jawaban numerasi yang bisa dijadikan bahan untuk belajar mandiri di rumah.

1. Ada tiga kartu dengan masing-masing mengandung angka 2, 6, dan 1. Kartu tersebut disusun sehingga terbentuk bilangan tiga angka dengan nilai yang berbeda. Bilangan terkecil yang terbentuk dari ketiga kartu tersebut adalah...

A. 216

B. 162

C. 126

Jawaban: C

2. Ada tiga kartu dengan masing-masing mengandung angka 2, 6, dan 1. Duta menyusun bilangan yang dibaca ‘seratus enam puluh dua’. Manakah pernyataan yang benar...

A. Angka 1 menempati puluhan

B. Angka 2 menempati puluhan

C. Angka 1 menempati ratusan

Jawaban: C

3. Golongan darah manusia dibedakan atas 4 kelompok yaitu golongan darah O, A, B dan AB. Pada hari Senin, Ibu Indah, guru kelas IVA mendata golongan darah siswa kelas 6 berikut.

A: 10

B: 7

O: 12

AB: 4

Manakah jumlah golongan darah yang paling banyak...

A. 10

B. 12

C. 4

Jawaban: B

4. Perbandingan uang Andi dan Budi adalah 2 : 5, sedangkan perbandingan uang Budi dan Candra adalah 3 : 4. Jumlah uang mereka bertiga adalah Rp1.230.000,00. Mereka bertiga sepakat membagi uang mereka, sehingga perbandingan uang Andi : Budi : Chandra menjadi 1 : 2 : 3. Manakah pernyataan berikut yang benar...

A. Budi memberikan sebagian uang kepada Andi dan Candra masing-masing Rp25.000,00 dan Rp15.000,00.

B. Uang Candra sebelum dibagikan sebesar Rp600.000,00.

Jawaban: A dan B

5. Suatu desa melaksanakan program perpustakaan keliling. Program ini bertujuan untuk menumbuhkan budaya baca bagi warganya termasuk anak-anak. Warga dapat membaca buku di tempat. Warga juga dapat meminjam buku untuk dibawa pulang. Buku yang tersedia di perpustakaan keliling tersebut antara lain:

Majalah anak 10

Cerita bergambar 7

Cerita rakyat 13

Ada satu anak yang meminjam buku cerita rakyat. Sepekan setelahnya ia mengembalikan buku cerita rakyat tersebut. Kemudian dua anak lain yang meminjam buku cerita rakyat. Berapakah jumlah buku cerita rakyat yang tersedia saat ini?

A. 10

B. 13

C. 11

Jawaban: C

Baca juga: Contoh Soal dan Kunci Jawaban Esai Guru Penggerak Angkatan 10

Itulah beberapa contoh soal ANBK kelas 5 2023 dan kunci jawaban numerasi untuk bahan belajar mandiri di rumah. Semoga bermanfaat (WWN)

Comments

Popular posts from this blog

Kabar Terbaru KRI Nanggala

5 Berita Populer: Aisyah Aqilah Rindu Jeff Smith, Mertua Mona Ratuliu Meninggal

Sapi Limosin Bernama Posh Spice Ini Laku Rp 5,1 M: Termahal se-Dunia