Keunikan Gerak Tari Kreasi Dibandingkan Tari Tradisional

Ilustrasi jelaskan keunikan gerak tari kreasi yang kamu ketahui, sumber foto: unsplash.com/Eyestetix Studio
Ilustrasi jelaskan keunikan gerak tari kreasi yang kamu ketahui, sumber foto: unsplash.com/Eyestetix Studio

Pada saat belajar seni budaya terutama materi mengenai tari, mungkin pernah menemukan pertanyaan jelaskan keunikan gerak tari kreasi yang kamu ketahui. Secara umum memang ada beberapa perbedaan antara kedua jenis tari tersebut.

Tari kreasi merupakan tari yang lebih modern baik secara tujuan, gerakan maupun hal lainnya. Sedangkan tari tradisional masih sangat erat hubungannya dengan tradisi masyarakat Indonesia pada masa lalu, tujuannya juga biasanya sebagai ritual.

Keunikan Gerak Tari Kreasi yang Kamu Ketahui Dibandingkan Tradisional

Ilustrasi jelaskan keunikan gerak tari kreasi yang kamu ketahui, sumber foto: unsplash.com/Eyestetix Studio
Ilustrasi jelaskan keunikan gerak tari kreasi yang kamu ketahui, sumber foto: unsplash.com/Eyestetix Studio

Agar bisa menjelaskan dan juga menjawab pertanyaan tersebut, maka harus mulai mempelajari dari pengertian seni tari kreasi itu sendiri. Dikutip dari Buku Siswa Seni Budaya SMP/Mts Kelas 9, Sri Sudaryati dan Boiman, (2007) definisi dari tari kreasi adalah bentuk tari baru yang dirangkai dari perpaduan gerak tari tradisional klasik.

Gerak ini berasal satu daerah atau berbagai daerah di Indonesia. Selain bentuk gerak, rias, irama dan bentuk busana yang digunakan pada tari kreasi juga merupakan hasil dari modifikasi tari tradisional itu sendiri.

Lalu apa jawaban dari pertanyaan keunikan gerak tari kreasi yang kamu ketahui dibandingkan tradisional? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Keunikan Gerak

Jadi ada beberapa keunikan dari tari kreasi dibandingkan tari tradisional. Keunikan pertama pastinya dari gerak yang ditampilkan. Karena tari kreasi merupakan seni tari yang mengutamakan gerak hasil eksplorasi dari berbagai hal, termasuk pengembangan tari tradisional itu sendiri.

Berbagai eksplorasi dan juga perpaduan gerak inilah yang membuat tari kreasi menjadi tari yang beragam. Selain itu, tari ini juga memperhatikan nilai estetika dan penampilannya harus bisa menghibur penonton yang melihatnya.

2. Keunikan Makna

Keunikan lainnya dari tari kreasi adalah makna atau pesan yang disampaikan melalui tari tersebut. Di mana pesan yang ada di dalam tari kreasi merupakan bentuk ungkapan dan juga ekspresi diri penari.

Berbeda dengan tari tradisional yang secara umum mengandung pesan yang mendalam seperti sebagai ritual dan lain sebagainya.

3. Menunjukkan Kreativitas

Tari kreasi merupakan tari yang bisa menjadi wadah bagi para penari untuk menunjukkan kebebasan dan juga kreativitasnya secara koreografi. Karena penari bisa melakukan atau memasukkan berbagai unsur ke dalam gerakan tari.

4. Lebih Luwes dan Fleksibel

Keunikan lainnya dari tari kreasi adalah gerakan tari yang lebih luwes dan juga fleksibel berdasarkan pada rekaan penarinya. Hal ini tentunya jelas berbeda dengan tari tradisional yang harus memperhatikan berbagai aturan yang ada.

Baca juga: Cabang Seni yang Harus Diketahui

Demikian adalah penjelasan mengenai jawaban dari pertanyaan jelaskan keunikan gerak tari kreasi yang kamu ketahui dibandingkan dengan tari tradisional. (WWN)

Comments

Popular posts from this blog

Kabar Terbaru KRI Nanggala

5 Berita Populer: Aisyah Aqilah Rindu Jeff Smith, Mertua Mona Ratuliu Meninggal

Sapi Limosin Bernama Posh Spice Ini Laku Rp 5,1 M: Termahal se-Dunia