Bitung Kondusif, Wali Kota Imbau Masyarakat Tidak Sebar Video Bentrok Ormas

Wali Kota Bitung Maurits Mantiri. Foto: Antara
Wali Kota Bitung Maurits Mantiri. Foto: Antara

Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri, mengatakan saat ini Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), dalam keadaan kondusif dan aman.

"Saat ini, pusat Kota Bitung dalam keadaan kondusif dan aman terkendali," kata Maurits dikutip dari Antara, Sabtu (25/11).

Sebelumnya ada dua kelompok warga dari ormas tertentu yang bentrok usai melakukan aksi unjuk rasa di Kota Bitung.

Kabar soal bentrok ormas ini viral di media sosial. Sejumlah video beredar, memperlihatkan sejumlah anggota ormas yang menggunakan seragam tertentu saling serang.

Tampak juga ada massa yang membawa bendera Palestina dan Israel. Dinarasikan dalam video yang beredar, bentrok ini antara pendukung masing-masing negara tersebut. Belum ada penjelasan tentang mengapa kericuhan tersebut terjadi.

Maurits mengimbau kepada seluruh masyarakat kota Bitung untuk bersama-sama menjaga situasi dan kondisi tetap kondusif.

Pemerintah bersama semua pemangku kepentingan seperti tokoh agama, tokoh masyarakat dan unsur TNI/Polri, kini sedang bersama-sama di lapangan untuk menyelesaikan selisih paham.

"Untuk itu marilah kita bersama-sama mendukung upaya pemerintah di lapangan dengan tidak menyebarkan foto dan video yang dapat memprovokasi berbagai pihak," katanya.

Dia mengajak bersama-sama menjaga lingkungan, saling menegur sapa, saling mendamaikan agar tidak terprovokasi oleh oknum-oknum yang menginginkan perpecahan.

Jika ada hal-hal yang menonjol, dia berharap untuk segera laporkan kepada aparat pemerintah/TNI Polri.

"Tuhan memberkati Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara, Tuhan Memberkati Negara Kesatuan Republik Indonesia," katanya.

Terpisah, Kapolda Sulawesi Utara (Sulut), Irjen Pol Setyo Budiyanto, memastikan jika situasi di Kota Bitung telah kondusif setelah sebelumnya terjadi bentrok yang melibatkan dua ormas yang berbeda pandangan tersebut.

Comments

Popular posts from this blog

Kabar Terbaru KRI Nanggala

5 Berita Populer: Aisyah Aqilah Rindu Jeff Smith, Mertua Mona Ratuliu Meninggal

Sapi Limosin Bernama Posh Spice Ini Laku Rp 5,1 M: Termahal se-Dunia