Fungsi Keahlian sebagai Faktor Produksi dan Contohnya

Ilustrasi fungsi keahlian sebagai faktor produksi. Foto: Unsplash/Remy Gieling
Ilustrasi fungsi keahlian sebagai faktor produksi. Foto: Unsplash/Remy Gieling

Dalam menghasilkan barang atau jasa diperlukan adanya produksi. Untuk melakukan kegiatan ini, dibutuhkan adanya faktor produksi, salah satunya adalah fungsi keahlian. Bagaimana fungsi keahlian sebagai faktor produksi, jelaskan!

Pertanyaan tersebut sering kali diutarakan. Sebab, keahlian sangat berperan besar dalam melakukan produksi. Di sisi lain, tanpa adanya keahlian, produksi tidak dapat berjalan dan bisa membuat bangkrus suatu usaha.

Pengertian Faktor Produksi

Ilustrasi pengertian faktor produksi. Foto: Unsplash/Lalit Kumar
Ilustrasi pengertian faktor produksi. Foto: Unsplash/Lalit Kumar

Produksi adalah kegiatan menambah faedah (kegunaan) suatu benda atau menciptakan benda baru sehingga lebih bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan.

Kegiatan menambah faedah suatu benda dengan mengubah sifat dan bentuknya disebut produksi barang. Kegiatan menambah faedah suatu benda tanpa mengubah bentuknya disebut produksi jasa. Untuk melakukannya, diperlukan adanya faktor produksi.

Faktor produksi merupakan sumber daya yang digunakan dalam proses pembuatan barang atau jasa. Faktor produksi terbagi menjadi empat jenis, yakni tenaga kerja, modal, alam, dan keahlian.

Pada faktor sumber daya alam, diperluas menjadi segala benda yang berwujud, baik yang berasal langsung dari alam maupun bukan atau yang dikenal dengan faktor fisik.

Aktivitas produksi sendiri terbagi menjadi dua macam, yakni produksi barang dan produksi jasa.

1. Produksi Barang

Produksi barang adalah upaya dalam menghasilkan barang siap konsumsi. Contoh barang siap digunakan seperti adalah produk mie instan, kopi, baju, dan sebagainya yang dapat langsung digunakan konsumen.

Sementara itu, contoh barang modal adalah kain yang kemudian digunakan sebagai bahan untuk membuat barang konsumsi baru Sebagai contoh, produksi tepung terigu (barang modal) menjadi bahan dasar pembuatan mie (barang konsumsi baru).

2. Produksi Jasa

Produksi jasa adalah proses untuk memenuhi kebutuhan berdasarkan keterampilan atau hal yang bukan berbentuk barang. Misalnya, ketika seseorang sakit, ia dapat mendatangi dokter untuk mendapatkan jasa pengobatan.

Fungsi Keahlian sebagai Faktor Produksi

Ilustrasi fungsi keahlian sebagai faktor produksi. Foto: Unsplash/Remy Gieling
Ilustrasi fungsi keahlian sebagai faktor produksi. Foto: Unsplash/Remy Gieling

Adapun jawaban dari pertanyaan bagaimana fungsi keahlian sebagai faktor produksi, jelaskan dapat ditemukan dalam buku Pasti Bisa Ekonomi untuk SMA/MA Kelas X oleh Tim Ganesha Operation (2017).

Jadi, dalam buku tersebut dijelaskan bahwa faktor produksi keahlian (skill) adalah keahlian atau keterampilan yang digunakan seseorang dalam mengkoordinasikan dan mengelola faktor produksi untuk menghasilkan barang dan jasa. Tujuannya adalah membuat sebuah produk secara efektif dan efisien.

Faktor produksi keahlian sendiri dapat terbagi menjadi 3 jenis, sebagai berikut.

  • Faktor produksi keahlian manajerial, yakni dilakukan dengan mengatur faktor produksi secara tepat guna hingga menghasilkan keuntungan maksimal. Contoh: keahlian mengelola sumber daya manusia oleh HRD perusahaan

  • Keahlian teknologi bersifat teknis, yakni dengan menguasai cara kerja teknologi sehingga dapat memaksimalkan proses produksi. Contoh: keahlian di bidang IT.

  • Keahlian organisasi ditunjukkan dengan keahlian mengatur berbagai kegiatan perusahaan yang bersifat internal maupun eksternal. Tujuannya agar produksi berjalan lancar. Contoh: manajer sebagai sosok yang mengelola perusahaan.

Baca Juga: Faktor Produksi Paling Utama Menurut Pendekatan Secara Ekonomi

Sekarang, sudah mengetahui jawaban dari pertanyaan bagaimana fungsi keahlian sebagai faktor produksi, jelaskan bukan? Semoga informasi di atas bermanfaat dan menambah wawasan tentang faktor dalam membuat barang atau jasa.(MZM)

Comments

Popular posts from this blog

Kabar Terbaru KRI Nanggala

5 Berita Populer: Aisyah Aqilah Rindu Jeff Smith, Mertua Mona Ratuliu Meninggal

Sapi Limosin Bernama Posh Spice Ini Laku Rp 5,1 M: Termahal se-Dunia