Ragam Sifat Produk dari Proses Produksi Massal di Industri

Ilustrasi Jelaskan Sifat Produk dari Proses Produksi Massal, Sumber Unsplash Lenny Kuhne
Ilustrasi Jelaskan Sifat Produk dari Proses Produksi Massal, Sumber Unsplash Lenny Kuhne

Salah satu soal yang biasa ditemui terutama oleh siswa di Sekolah Menengah Kejuruan maupun mahasiswa teknik adalah “Jelaskan sifat produk dari proses produksi massal!”. Sayangnya tak semua orang bisa menjawabnya.

Oleh sebab itu dibutuhkan pembahasan yang jelas mengenai jawaban dari pertanyaan tersebut. Dengan demikian, siswa atau mahasiswa bisa memahami cara menjawabnya.

Berbagai Sifat Produk dari Proses Produksi Massal

Ilustrasi Jelaskan Sifat Produk dari Proses Produksi Massal, Sumber Unsplash Carlos Aranda (2)
Ilustrasi Jelaskan Sifat Produk dari Proses Produksi Massal, Sumber Unsplash Carlos Aranda (2)

Menurut buku PKK SMK XII 1, Dra. Siti Musarrofah., M. Pd (2022: 7), produksi massal dapat diartikan sebagai produksi yang dibuat dalam jumlah besar yang bermanfaat untuk banyak orang dalam masyarakat secara luas.

Produksi ini menghasilkan berbagai produk dengan sifat-sifat yang unik. Berikut ragam sifat produk dari proses produksi massal tersebut.

1. Efisiensi Tenaga Kerja

Proses produksi massal didominasi oleh mesin. Oleh sebab itu, jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan tak terlalu banyak. Para pekerjanya pun bisa menyelesaikan beragam pekerjaan dengan lebih cepat dan mudah.

2. Jumlah Produk Banyak

Sesuai pengertian sebelumnya, jumlah produk yang dihasilkan cukup banyak. Hal ini terjadi karena proses produksi terjadi secara simultan tanpa henti hingga dapat menghasilkan banyak barang.

3. Efisiensi Perpindahan Bahan

Proses produksi massal juga bisa meningkatkan efisiensi perpindahan bahan. Hal ini diseababkan tahap tersebut dilakukan oleh mesin sehingga waktu yang dibutuhkan menjadi lebih singkat.

4. Proses Distribusi Cepat

Produksi massal juga memiliki proses distribusi yang cepat sehingga masyarakat bisa segera menerimanya. Hal ini disebabkan oleh tingginya permintaan pasar.

5. Efisiensi Pengelolaan Bahan Baku

Bahan baku yang tersedia di gudang akan lebih cepat digunakan akibat proses produksi yang cepat pula. Di sisi lain, proses produksi ini juga membuat perhitungan bahan baku menjadi lebih mudah.

6. Pemakaian Mesin Khusus

Industri skala besar kerap memerlukan mesin khusus untuk melakukan produksinya. Oleh sebab itu, industri akan memesan mesin tersebut. Namun umumnya, harga yang dibutuhkan cukup besar.

7. Terciptanya Urutan Produksi

Penggunaan mesin-mesin dalam proses produksi massal membuat terciptanya urutan produksi. Urutan inilah yang harus dipatuhi para pekerja agar produk bisa sesuai dengan harapan.

Baca juga: Sebutkan dan Jelaskan Strategi Produksi beserta Manfaatnya bagi Perusahaan

Beragam sifat produk dari proses produksi massal dalam industri di atas bisa menjadi pelajaran bagi siapapun yang membutuhkan. Dengan demikian, akan ada lebih banyak orang yang memahami proses produksi ini. (LOV)

Comments

Popular posts from this blog

Kabar Terbaru KRI Nanggala

5 Berita Populer: Aisyah Aqilah Rindu Jeff Smith, Mertua Mona Ratuliu Meninggal

Sapi Limosin Bernama Posh Spice Ini Laku Rp 5,1 M: Termahal se-Dunia