9 Orang Tewas dalam Ledakan di Pabrik Bahan Peledak di India

Ilustrasi ledakan. Foto: Richard Spiller/EyeEm/Getty Images
Ilustrasi ledakan. Foto: Richard Spiller/EyeEm/Getty Images

Sebuah pabrik yang memproduksi drone dan bahan peledak militer di India meledak. Setidaknya, sembilan orang pekerja tewas dalam insiden yang terjadi pada Minggu (17/12) tersebut.

Ledakan itu terjadi di pabrik Solar Industries India di Kota Nagpur, Maharashtra. Ledakan terjadi saat para pekerja sedang berada di area pengepakan produk.

“Sangat disayangkan sembilan orang termasuk enam wanita tewas dalam ledakan di Solar Industries di Nagpur,” kata Wakil Ketua Menteri Maharashtra Devendra Fadnavis di X, dikutip dari AFP.

Menurut Fadnavis, perusahaan tersebut memproduksi drone dan bahan peledak untuk pasukan pertahanan negara.

Dikutip dari laman resminya, pabrik tersebut memproduksi bahan peledak industri dan militer, serta propelan dan hulu ledak untuk sektor pertahanan India.

Pemerintah negara bagian akan memberikan santunan kepada keluarga mereka yang meninggal dalam kecelakaan itu. Di sisi lain, polisi telah melakukan penyelidikan atas insiden yang juga menyebabkan sedikitnya tiga pekerja terluka itu.

Bencana industri sering terjadi di India, dan para ahli menyalahkan perencanaan yang buruk dan lemahnya penegakan peraturan keselamatan.

Tahun lalu, 11 orang tewas di negara bagian Bihar timur setelah terjadi ledakan di sebuah rumah produksi petasan ilegal. Pada tahun 2021, 19 orang tewas dalam ledakan di pabrik petasan di negara bagian Tamil Nadu selatan.

Comments

Popular posts from this blog

Kabar Terbaru KRI Nanggala

5 Berita Populer: Aisyah Aqilah Rindu Jeff Smith, Mertua Mona Ratuliu Meninggal

Sapi Limosin Bernama Posh Spice Ini Laku Rp 5,1 M: Termahal se-Dunia