Contoh Globalisasi dan Modernisasi dalam Bidang Transportasi di Indonesia

Berikan Contoh Globalisasi dan Modernisasi dalam Bidang Transportasi, Sumber Unsplash Afif Ramdhasuma
Berikan Contoh Globalisasi dan Modernisasi dalam Bidang Transportasi, Sumber Unsplash Afif Ramdhasuma

Globalisasi dan modernisasi telah merambah di berbagai bidang di Indonesia. Salah satunya adalah transportasi. Bahkan, ada banyak contoh globalisasi dan modernisasi dalam bidang transpotasi di negara ini yang bisa ditemukan dengan mudah.

Contoh-contoh ini bisa mempermudah aktivitas masyarakat di kehidupan sehari-hari. Selain itu, berbagai contoh tersebut juga dapat meningkatkan pendapatan, baik bagi pemerintah maupun masyarakat.

Contoh Globalisasi dan Modernisasi dalam Bidang Transportasi

Berikan Contoh Globalisasi dan Modernisasi dalam Bidang Transportasi, Sumber Unsplash Anisetus Palma
Berikan Contoh Globalisasi dan Modernisasi dalam Bidang Transportasi, Sumber Unsplash Anisetus Palma

Menurut Daya Saing Indonesia di Era Globalisasi, Ir. Helena Ras Ulina Sembiring, M.Si dan Dr. Ima Rohimah, M.Pd (2021: 33), globalisasi ialah proses intergasi internasional yang terjadi karena adanya pertukaran pandangan dunia, pemikiran, produk, dan berbagai aspek kebudayaan lain.

Di sisi lain, modernisasi adalah proses yang membuat kondisi tradisional menjadi lebih maju. Kedua proses inipun terus berlangsung hingga saat ini sehingga mempengaruhi berbagai bidang, termasuk transportasi di Indonesia.

Adapun lima contoh globalisasi dan modernisasi dalam bidang transportasi di negara ini, yaitu

1. Munculnya Transportasi Umum Daring

Dahulu, transportasi umum hanya bisa diakses dan dipesan secara langsung atau melalui telepon. Namun sekarang, berbagai transportasi umum telah terintegrasi dengan aplikasi daring. Misalnya adalah ojek dan taksi daring.

2. Munculnya Transportasi Massal Modern

Berbagai transportasi massal modern telah dibangun di kota-kota besar di Indonesia. Misalnya adalah bus Transjakarta hingga kereta seperti MRT dan KRL. Sistem yang digunakan oleh transportasi massal inipun lebih canggih.

3. Adanya Jembatan Antar Pulau

Dulu, orang-orang di Indonesia harus menyeberang dengan kapal untuk mencapai pulau lainnya. Namun kini, berbagai jembatan antar pulau telah dibangun untuk mempermudah mobilisasi. Salah satunya adalah Jembatan Suramadu.

4. Adanya Aplikasi Perjalanan

Saat ini ada berbagai aplikasi perjalanan yang bisa membantu masyarakat dalam memperoleh tiket transportasi umum. Aplikasi inipun bisa diakses di mana saja dan kapan saja selama terhubung dengan internet.

5. Terciptanya Mobil Listrik

Dulu, kendaraan hanya bisa bergerak karena menggunakan bahan bakar minyak (BBM) saja. Namun kini, berbagai perusahaan telah menciptakan mobil yang bisa berjalan dengan tenaga listrik.

Baca juga: 5 Dampak Positif dari Globalisasi dalam Bidang Pendidikan

Berbagai contoh globalisasi dan modernisasi dalam bidang transpotasi ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berbagai kepentingan. Namun, pemanfaatan ini harus dilakukan dengan baik agar tidak mengganggu orang lain. (LOV)

Comments

Popular posts from this blog

Kabar Terbaru KRI Nanggala

5 Berita Populer: Aisyah Aqilah Rindu Jeff Smith, Mertua Mona Ratuliu Meninggal

Sapi Limosin Bernama Posh Spice Ini Laku Rp 5,1 M: Termahal se-Dunia