Imbauan Sultan untuk Malam Tahun Baru di DIY: Tak Perlu Konvoi Keliling Kota

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Kepatihan Pemda DIY, Kamis (21/12/2023). Foto: Arfiansyah Panji Purnandaru/kumparan
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Kepatihan Pemda DIY, Kamis (21/12/2023). Foto: Arfiansyah Panji Purnandaru/kumparan

Yogyakarta diyakini masih menjadi destinasi favorit di malam pergantian tahun. Untuk menghindari kepadatan lalu lintas, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengimbau masyarakat tak konvoi keliling kota.

"Jadi tidak perlu harus keliling kota apalagi nanti berbondong-bondong, bergerombol-bergerombol dengan kepadatan yang mungkin tinggi karena yang berkunjung ke Yogya juga relatif tinggi, nanti bisa stuck di tempat di jalan-jalan itu," kata Sultan di Kepatihan Pemda DIY, Kamis (21/12).

Sultan mengatakan event tahun baru akan dipecah, difokuskan tak hanya di satu titik.

"Sehingga keramaian kita pecah sampai di kabupaten-kabupaten yang ada," katanya.

Di Stadion Mandala Krida, menurut Sultan saat malam tahun baru juga akan diadakan road race. Road race malam tahun baru ini kerap diadakan di masa sebelum COVID-19 mewabah.

"Sehingga harapan saya anak-anak muda stay tidak mutar kota. Sehingga warga masyarakat Yogya bisa menikmati pertunjukan dan bertahun baru di tempat masing-masing di kabupaten masing-masing, tidak perlu melakukan perjalanan-perjalanan apalagi semua tujuannya mau masuk ke Malioboro," katanya.

Suasana Jalan Malioboro pada Rabu (21/12). Foto: Arfiansyah Panji/kumparan
Suasana Jalan Malioboro pada Rabu (21/12). Foto: Arfiansyah Panji/kumparan

Malioboro Car Free Night

Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan pada kesempatan yang sama mengatakan di malam tahun baru akan ditetapkan car free night di Jalan Malioboro.

"Pada saat liburan ini sudah ada rekayasa untuk mengantisipasi peningkatan jumlah kendaraan dan orang. Khusus malam tahun baru itu nanti kita tetap melaksanakan car free night jadi tidak ada kendaraan yang masuk wilayah Malioboro. Dari Pos Teteg sampai dengan Kilometer Nol akan kosong (kendaraan)," kata Suwondo.

"Tidak ada kendaraan melintas sampai jam 05.00 WIB pagi," katanya.

Di sana juga akan disiapkan pengamanan dengan sistem zona dari sisi ketertiban maupun pelayanan kesehatan.

Comments

Popular posts from this blog

Kabar Terbaru KRI Nanggala

5 Berita Populer: Aisyah Aqilah Rindu Jeff Smith, Mertua Mona Ratuliu Meninggal

Sapi Limosin Bernama Posh Spice Ini Laku Rp 5,1 M: Termahal se-Dunia