Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 31 Soal Esai

Ilustrasi kunci jawaban tema 6 kelas 6 halaman 31 - Sumber: Pexels/Pixabay
Ilustrasi kunci jawaban tema 6 kelas 6 halaman 31 - Sumber: Pexels/Pixabay

Materi kelas 6 SD tema 8 adalah "Bumiku". Setelah guru menjelaskan materi, siswa akan diminta untuk mengerjakan soal guna mengecek sejauh mana pemahaman mereka. Oleh karena itu, banyak siswa yang mencari kunci jawaban tema 8 kelas 6 halaman 31.

Kunci jawaban ini bisa dijadikan referensi untuk mengecek apakah jawaban salah atau sudah benar. Jika banyak jawaban yang salah, maka siswa bisa belajar lebih detail tentang materi yang belum dipahami.

Soal dan Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 31

Ilustrasi Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 31 - Sumber: Unsplash/Unseen Studio
Ilustrasi Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 6 Halaman 31 - Sumber: Unsplash/Unseen Studio

Pada halaman 31 di buku tematik tema 8 untuk kelas 6, terdapat cerita yang berjudul Sekolah Anak Jalanan. Setelah membaca soal, siswa diminta untuk menjawab pertanyaan esai.

Berikut ini soal dan kunci jawaban teman 8 kelas 6 halaman 31 yang diambil dari buku Bumiku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 untuk SD/MI Kelas VI, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, (2018).

Bahan Bacaan

Sekolah Anak Jalanan

Usia mereka boleh jadi tidak lebih dari 10 tahun. Namun, kulit mereka telah melegam terpanggang. Telapak kaki mereka mengeras dan terkelupas. Bermodalkan sandal jepit yang menipis, mereka melompat dari satu bus ke bus lain, dari satu angkot ke angkot berikut. Dengan menadahkan tangan seraya menyuguhkan wajah iba, mereka berharap mendapat sekeping Rp500,00 atau syukur-syukur selembar Rp2.000,00.
Mereka inilah yang semenjak kecil telah berpredikat sebagai anak jalanan. Di usia dini, mereka telah melakoni profesinya masing-masing. Ada yang mengamen, memulung, sampai menyemir sepatu. Tidak inginkah mereka menikmati masa kecil dan berguru menyerupai belum dewasa yang lain?
Jauh dari ingar bingar jalan raya dan tersembunyi di daerah Plumpang, Rawa Badak, Jakarta Utara, belum dewasa jalanan itu ternyata bersekolah. Salah satu forum sosial yang peduli terhadap nasib anak jalanan dan anak kurang bisa ialah Yayasan Himmata. Di yayasan ini, 400 lebih anak jalanan mengenyam pendidikan secara cuma-cuma.
Menurut Sarkono, Ketua Yayasan Himmata, yayasan terbentuk semenjak tahun 2000 dan merupakan forum sosial masyarakat yang bersifat independen dan nirlaba. Pada 2004 Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Himmata yang terletak di tengah lingkungan masyarakat kumuh disahkan..
PKBM Himmata hampir serupa dengan sekolah formal. Tak hanya dari seragam, jam berguru pun hampir sama dengan sekolah formal kebanyakan dan berlangsung selama lima hari dalam seminggu. Karena PKBM Himmata hampir sama dengan sekolah formal, mereka membutuhkan pengajar yang tetap tidak hanya suka relawan. Saat ini PKBM Himmata mempunyai sekitar 30 pengajar tetap dengan bayaran tak lebih dari Rp300 ribu, jauh dari kata sejahtera.
Namun, mendapat bayaran bukanlah tujuan utama menjadi pengajar di sini. Mohamad Anwar, misalnya, ia mengaku mau menjadi pengajar selama lebih dari 10 tahun alasannya tuntutan hati nurani untuk memberi ilmu kepada anak bangsa.
Mengajar anak jalanan itu susah-susah gampang. “Kalau didasari keikhlasan, bukan orientasi mengajarnya alasannya bahan istilah susah itu nggak ada,” ujar Mohamad Anwar guru mata pelajaran Sosiologi dan Pendidikan Agama Islam.
Secara fisik, bangunan PKBM Himmata memang memenuhi syarat, namun nasib pengajar masih kurang perhatian dari donatur. “Kita ini manusiawi, memang perasaan itu ada, namun sumber rezeki tidak hanya di sini saja, tapi di luar masih ada. Yang penting terus tawakal,” kata dia.

Soal

Soal di halaman 31 - Sumber: Buku Tematik
Soal di halaman 31 - Sumber: Buku Tematik

Jawaban

  1. Fakta-fakta yang aku dapatkan dari artikel

    • Anak-anak jalanan bisa bersekolah atas bantuan Yayasan Himmata.

    • Yayasan Himmata merupakan salah satu forum sosial yang peduli terhadap nasib anak jalanan dan anak kurang bisa di Jakarta Utara.

  2. Hal-hal baru yang aku dapatkan dari informasi di artikel

    • Mengajar anak jalanan adalah hal yang susah-susah gampang.

    • Bayaran gurunya sangat kecil.

  3. Pelajaran yang aku dapatkan dari artikel yang kubaca

    • Masih ada orang yang rela bekerja keras supaya setiap anak Indonesia memperoleh pendidikan.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 2 Halaman 56 - 57

Kunci jawaban tema 8 kelas 6 halaman 31 bisa berbeda-beda tergantung dari pemahaman masing-masing anak. Karena berupa soal terbuka, jawabannya pun bisa bermacam-macam. (SASH)

Comments

Popular posts from this blog

Kabar Terbaru KRI Nanggala

5 Berita Populer: Aisyah Aqilah Rindu Jeff Smith, Mertua Mona Ratuliu Meninggal

Sapi Limosin Bernama Posh Spice Ini Laku Rp 5,1 M: Termahal se-Dunia